Non-fiksiArtikelResep

Resep Siska: Nasi Goreng Tawa :D

27 March 2016

Pasti kita udah ga asing lagi sama nasi goreng kan? Makanan yang jadi salah satu menu khas Indonesia ini emang sering banget kita temuin dimana aja. Apalagi saat malam hari, di sepanjang jalan pasti banyak tukang nasi goreng, baik yang mangkal maupun yang dagang keliling. Ga cuma di pinggir jalan aja, di resto-resto mahal pun banyak juga yang menyediakan nasi goreng. Di rumah juga pasti Mama pernah dong masak nasi goreng.

Nasi goreng jadi menu andalan karena rasanya yang enak dan mudah proses pembuatannya. Menu ini cocok untuk dimakan kapanpun waktunya, bisa untuk sarapan, makan siang, dan makan malam pun juga oke. Tapi jangan coba-coba cari tukang nasi goreng pagi-pagi ya karena ga bakal ada. Abang tukang nasi gorengnya ngantuk abis begadang semalaman. Nah daripada bingung cari tukang nasi goreng yang lagi bobo cantik, mending kita buat sendiri aja. Nih aku share ya resep nasi goreng tawa ala stargirl yang bisa bikin kamu ceria sepanjang hari ☺

PhotoGrid_1459065580183

Alat:

  1. Penggorengan atau wajan
  2. Spatula atau sodet atau oseng2an (buat yang ga ngerti)
  3. Ulekan buat ngulek bumbu
  4. Pisau buat ngupas bumbu
  5. Piring buat menyajikan

Bahan

  1. Nasi putih yang agak-agak pera biar ga lengket
  2. Bawang merah
  3. Bawang putih
  4. Cabe beneran (bukan cabe2an)
  5. Kecap
  6. Garam
  7. Margarin untuk menumis
  8. Telur 2
  9. Bakso sapi (kalau punya), iris tipis
  10. Timun
  11. Kerupuk (wajib ada supaya lebih maknyus)

Cara membuat:

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabe merah secukupnya. Tambahkan garam supaya lebih mudah menguleknya.
  2. Panaskan margarin di atas wajan, tumis bumbu halus hingga harum.
  3. Pecahkan satu butir telur dan masukkan isinya ke dalam wajan. Aduk hingga membentuk telur orak arik setengah matang.
  4. Masukkan bakso yang sudah diiris. Aduk hingga tercampur dengan bumbu dan telur.
  5. Masukkan nasi putih. Aduk dengan semua bahan. Tambahkan kecap manis sesuai selera hingga berwarna kecokelatan. Aduk rata. Cicipi nasi goreng, jika kurang asin atau kurang manis, tambahkan garam dan kecap sesuai selera.
  6. Angkat nasi goreng dan tuang ke atas piring. Sisihkan.
  7. Dadar telur dan bentuk menjadi bulat sempurna. Setelah matang, potong atau lipat dadar menjadi dua bagian simetris. Letakkan di atas nasi goreng dekat dengan permukaan piring sehingga menyerupai mulut yang tertawa.
  8. Iris tpis timun dan letakkan dua bagian di atas telur sehingga menyerupai mata.
  9. Letakkan kerupuk di atas timun sehingga menyerupai rambut.
  10. Nasi goreng tawa siap dihidangkan untuk membuatmu ceria 😀

 

 

Share To
Leave a Comment
  1. Waaaaw.. bu Sis sekarang makin jago masak euuuy.. pesen satu donk bu dibungkus ga pake lama 🙂

    • wkwkwk.. aku lg belajar masak bundaaaa.. hehe..
      nanti dikirim pake jne ya bund 😛