Non-fiksiArtikel

Welcome to the Jungle of the Road!

27 March 2016

Ungkapan ini rasanya pas banget untuk mengungkapkan kondisi jalan raya di negeri ini. Para pengendara ‘alay’ seringkali memposisikan dirinya seperti di hutan. Mereka berkendara semau mereka tanpa mengindahkan aturan yang ada. Mungkin dalam pikiran mereka yang penting bisa cepat sampai di tempat tujuan. Atau mungkin hanya sekedar gaya supaya terlihat keren karena melanggar aturan. Ihhh, keren darimana coba?

Tak perlu kita membicarakan aturan-aturan berkendara yang rumit dan susah ya. Banyak peraturan-peraturan simpel yang tidak dipatuhi sama pengendara dengan alasan supaya cepat sampai tujuan. Padahal kalau dipikir-pikir, ketika melanggar peraturan sering banget malah memperlambat kita sendiri. Misalnya aja jadi bikin macet atau parahnya bisa terjadi kecelakaan. Nah berikut ini, peraturan-peraturan sederhana yang sering dilanggar oleh pengendara yang ngga sesuai logika (mungkin kamu juga pernah ya). 😀

1. Menerobos lampu merah

menerobos lampu merah

Gambar 1: Menerobos Lampu Merah

Mulai dari yang simpel ya seperti lampu merah. Banyak pengendara yang sering menerobos. Kalaupun tidak menerobos, biasanya pada rebutan tempat di garis paling depan berasa ada di sirkuit balap. Nah mereka biasanya stand by di depan lampu merah. Jadi ketika lampunya sudah hijau, mereka tidak tau. Alhasil mereka mengandalkan feeling kalau kendaraan dari arah lain berhenti karena lampu merah, itu saatnya mereka jalan. Atau feeling lainnya adalah menunggu klakson dari kendaraan di belakang mereka. Alasannya supaya bisa cepat ngebut kalau lampunya sudah hijau. Tapi, kalau nunggu gitu bukannya malah jadi tambah lama ya? Dimana logika?

2. Melawan arus

melawan arus

Gambar 2: Melawan Arus

Ini sering banget kita lihat di jalan yang tempat muternya jauh. Nah supaya “efisiensi waktu”, banyak pengendara yang memilih untuk melawan arus. Mereka biasanya tidak peduli tu, mau jalan yang mereka lawan arusnya macet atau lancar. Padahal kalaupun lancar resikonya bahaya banget kan melawan arus. Biasanya kendaraan di jalur yang benar, pasti ngebut kalau kondisi jalan lagi lancar. Kalau mereka tidak tau di tempat itu ada yang lagi melawan arus, atau kondisi malam gelap jadi tak kelihatan ada yang melawan arus, yaudah wassalam. Bukannya cepet malah tak sampe sekalian -_-.

Nah yang anehnya lagi kalau jalan lagi macet masih aja ada yang melawan arus. Kendaran di jalur yang benar jadi terhalang sama si pelawan arus itu. Alhasil, bukannya jadi cepet malah jadi stagnan ga bisa bergerak semua. Logikanya dimana ya?

3. Menyalip dari sebelah kiri

menyalip dari kiri

Gambar 3: Menyalip dari Sebelah Kiri

Kalau yang ini biasanya masih bisa dimaklumi ketika jalanan sedang macet. Tapi cukup berbahaya jika dilakukan di jalan yang sedang lancar. Terutama jika menyalipnya di bagian jalan yang dekat dengan bahu jalan (trotoar). Kenapa? Karena jika ada kendaraan yang akan menepi, biasanya akan mengambil jalur kiri. Nah kalau menepinya tiba-tiba, wah bisa bahaya. Apalagi kalau yang menepi adalah angkot yang sedang menaik-turunkan penumpang yang seringkali tiba-tiba dan mendadak.

4. Menyerobot jalur lawan saat sedang macet

menyerobot jalur lawan

Gambar 4: Menyerobot Jalur Lawan

Ini mirip dengan melawan arus di tempat macet. Tapi biasanya dilakukan di jalan dua arah. Biasanya ini terjadi jika ada penghambat jalan yang memaksa harus berhenti, misal ada kendaraan keluar dari garasi atau ada yang putar arah sehingga kendaraan tidak bisa lewat. Alhasil banyak kendaraan yang mengambil jalur lawan. Parahnya, ketika hambatan tadi sudah tidak ada, kendaraan yang mengambil jalur lawan tadi menutupi jalur yang semestinya. Akhirnya, kedua jalur malah tidak bisa bergerak semua.

Itulah beberapa contoh pelanggaran sederhana yang seringkali berakibat fatal di jalan raya. Jika dipikir lagi, untuk apa sih kita buru-buru saat berkendara? Kalau untuk alasan yang masuk akal, mungkin bisa diterima. Tapi kalau tanpa alasan yang jelas? Kita tak sabar menunggu detik lampu merah hanya untuk membuang banyak waktu di tempat tujuan dengan melakukan kegiatan tidak berguna. Semoga tulisan ini bisa jadi pengingat dan bahan introspeksi supaya kita bisa lebih tertib lagi di jalan raya demi keselamatan kita bersama. 😀

 

Sumber gambar:

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 3

Gambar 4

 

Share To
Leave a Comment