My Lifetime StoriesMy Lifetime StoriesStory of My Life

Pesta Pernikahan di Rumah? Alhamdulillah, Bisa!

07 August 2016

Alhamdulillah, alhamdulillah, alhamdulillahi Rabbil alamin. Tak henti-hentinya aku mengucap syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan kepadaku. Betapa aku berbahagia karena salah satu acara pada hari terpenting dalam hidupku sudah terlaksana dengan baik. Yup, aku sudah menikah. Sebuah titik yang memisahkan awal perjalanan di tengah periode kehidupan.

bersama orangtuaMempelai bersama orangtua tercinta

Hari pernikahanku dilaksanan pada tanggal 5 Desember 2015, angka cantik loh, 51215. Hehe. Pada tanggal tersebut aku sudah resmi berubah status dari lajang menjadi menikah. Begitu banyak yang harus dilewati untuk menuju hari yang sangat istimewa untukku itu. Acara pernikahanku dilangsungkan di rumah, dengan berbagai pertimbangan. Awalnya, aku agak khawatir jika acara yang dilangsungkan banyak mengalami kendala jika dilakukan di rumah. Walaupun banyak drama yang terjadi, tapi alhamdulillah, semuanya dapat berjalan dengan lancar. Nah, melalui tulisan ini, aku ingin sedikit berbagi mengenai perjalanan menuju hari pernikahan terutama untuk teman-teman yang merencanakan acara pernikahan di rumah. Dimulai dari persiapan sampai hari H. Yuk, lanjut dibaca. ๐Ÿ˜‰

 

Prosesi Lamaran Sederhana

Proses awal yang aku lalui adalah tahap lamaran. Acara lamaran sederhana ini dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus 2015. Keluarga calon suamiku pada saat itu datang ke rumahku dan disambut oleh keluargaku. Acara diisi secara kekeluargaan dan ramah tamah sederhana. Aku senang sekali dan ingin mengucapkan banyak terima kasih karena keluargaku dan keluarga calon suamiku sangat membantu proses acara lamaran hingga selesai. Setelah proses lamaran, persiapan lainpun kami lakukan.

Hunting Percetakan Undangan di Depok

Citra Printing

Undangan by Citra Printing

Aku mendapat rekomendasi dari temanku untuk memesan undangan di percetakan Citra Printing. Percetakan ini terletak di daerah Depok, tepatnya di daerah Depok Timur seberang Pasar Agung. Kalau dari arah jalan Bahagia, percetakan terletak sebelum Pasar Agung. Di percetakan ini banyak tersedia contoh-contoh desain undangan hardcover dan softcover. Pelanggan diperbolehkan mendesain sendiri undangannya jika diinginkan. Harga cetak undangan bervariasi tergantung jenis undangan yang dipesan. Jika ingin memesan undangan di Citra Printing sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari ya karena disana antrian cetak undangannya cukup panjang.

Website Pernikahan Buatan Sendiri

 

Screenshot from 2016-07-30 17-41-26

Halaman Depan Website Pernikahan

Website pernikahanku ini dengan bangga kusampaikan kalau ini adalah hasil karya suamiku. Jadi tidak ada biaya yang keluar. Hehe. Ia mendesain sekaligus memprogram website ini sendiri. Aku hanya membantu memberikan sedikit ide dan masukan saja. Teman-teman bisa lihat website pernikahanku di www.deniska.web.id/wedding , bagus kan? 😉

Cari Suvenir di Jatinegara dan Depok

Awalnya aku agak bingung untuk suvenir harus memesan dimana. Tapi kebetulan saat ngobrol dengan teman kerja ia menyebutkan kalau ia juga sedang mencari tempat pemesanan suvenir. Ia mendapat rekomendasi untuk memesan suvenir di Alfiandra. Akhirnya aku coba browsing di internet tentang Alfiandra dan weekend berikutnya langsung meluncur kesana.

suvenir1 (2)

Suvenir by Alfiandra

Alfiandra terletak di daerah Jatinegara. Aku lupa alamat tepatnya tapi aku coba tulis gambaran rutenya. Kalau teman-teman dari arah Stasiun Jatinegara, jalan lurus terus ke arah Klender. Nanti kalian akan melewati LP Cipinang, kalian jalan terus sampai ujung LP lalu belok kanan ke arah jalan di samping LP. Dari situ lurus saja sampai ada belokan jalan di sebelah kanan tepat di belakang LP. Ikuti jalan itu sampai ketemu tulisan Jalan Cipinang Pulo di sebelah kiri. Lurus terus ikuti jalan sampai bertemu perempatan nanti belok kanan. Beberapa ratus meter kemudian kalian akan melihat galeri Alfiandra di sebelah kiri jalan. Hmm, kalau bingung kalian tanya saja orang-orang pasti tau.

Galeri Alfiandra berisi banyak sekali berbagai jenis suvernir. Ada gelas, kipas, kerajinan keramik, dan masih banyak lagi. Ada juga perlengkapan untuk seserahan. Harganya bervariasi sesuai dengan jenis dan ukuran suvenir. Aku memesan gelas untuk suvenir seperti di foto. Harganya sudah termasuk dengan pembungkus dari tile (yang seperti jaring-jaring itu). Kalau ingin menggunakan pembungkus dari dus harganya beda lagi. Desainnya sudah ada template dari sana. Kami hanya tinggal memilih saja mana yang kita suka serta menulis apa yang akan tertera di suvenir kita nanti. Suvenir aku selesai dibuat kira-kira satu bulan setelah pemesanan. Untuk pemesanan ini harus rajin follow up ya, terutama mendekati perjanjian awal kapan suvenir selesai dibuat. Aku juga memesan jasa pengantaran suvenir sampai ke rumah, tapi ada biaya tambahan yang dikenakan sesuai dengan jarak rumah dengan gudang Alfiandra.

suvenir1 (1)

Suvenir by Istana Souvenir

Selain memesan suvenir di Alfiandra, karena khawatir kurang, aku juga memesan di Istana Souvenir yang ada di Depok. Istana Souvenir ini bisa jadi rekomendasi toko suvenir di Depok buat teman-teman yang ada di Depok dan tidak berencana mencari toko suvenir lain yang lebih jauh. Variasi suvenir di sini juga cukup beragam dengan harga yang cukup terjangkau. Aku memesan dompet imut ini yang tidak kalah manis dengan gelas yang aku pesan pertama. Untuk teman-teman yang mau survei langsung ke lokasi bisa datang ke alamat Istana Souvenir di Satria 2nd Building Lantai 1 Kav.A.105, Jl. Akses UI, Tugu, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat. Kalau kalian dari arah UI Depok, gedung ini berada sebelum perempatan lampu merah Gunadarma. Pelayanannya cukup baik dan ramah serta mudah dihubungi untuk follow up.

Bouquet Bunga Artificial yang Manis

flowerbee

Bouquet Bunga by Flowerbee

Sewaktu aku belum menikah, aku ingin sekali saat pesta pernikahanku aku membawa bouquet bunga cantik. Seperti di film-film itu loh. Tapi aku sempat bingung juga beli dimana bouquet bunga karena aku tidak ada rekomendasi. Nah untungnya teman suamiku ada yang menjual bunga artificial. Akhirnya bouquet bungaku disponsori oleh FlowerBee. Hehe. Untuk teman-teman yang mau memesan bouquet bunga untuk pernikahan bisa klik www.flowerbee.co. Bunga yang dipesan bisa sesuai keinginan kita loh.

Tenda, Dekorasi, dan Hiburan

Aku tidak sempat banyak survey karena bekerja di tempat yang jauh dari rumah. Jadi begitu ada teman yang merekomendasikan, aku langsung survey kesana. Rekomendasi untuk keperluan pelaminan ini aku dapatkan dari temanku yang tinggal di dekat rumahku. Akhirnya dibantu saudaranya temanku itu, aku diantar ke tempat Pak Rosyid, nama pemilik usaha peralatan pesta, yang bertempat di daerah Citeureup, Bogor. Cukup jauh memang untuk survey tapi setelah berdiskusi ternyata disini harganya cukup sesuai dengan budgetku. Pesta pernikahanku diselenggarakan di rumah, jadi keperluannya juga disesuaikan dengan kondisi rumahku. Peralatan pernikahan yang ditawarkan berupa panggung pelaminan dan dekorasi bunga-bunganya, tenda, dan gapura. Selain itu, kursi untuk tamu, meja penerima tamu, dan meja prasmanan juga disediakan. Peralatan masak, piring, peralatan penyajian juga disediakan dari paket Pak Rosyid. Oh iya, ada juga blower untuk membuat udara berputar sehingga tidak terlalu panas.

Pada H-1 aku dan keluarga sempat ketar-ketir karena hujan deras mengguyur tenda yang baru dipasang. Alhasil beberapa tempat bocor dan basah. Tempat yang bocor tersebut akhirnya di tutup menggunakan terpal. Lokasi pelaminan juga disesuaikan dibawah atap rumah sehingga tidak bocor saat terjadi hujan. Nah sedikit tips buat teman-teman yang akan mengadakan pesta pernikahan di rumah sebaiknya dipersiapkan juga tata letak yang memungkinkan acara tetap dapat berlangsung jika terjadi hujan. Sering konsultasi dengan penyewaan tenda bisa harus selalu dilakukan agar dekorasi tetap indah namun nyaman juga dalam segala kondisi. Dan yang paling penting adalah banyak berdoa supaya saat hari H tidak hujan.

Selain peralatan, paket ini juga menyediakan hiburan. Kita bisa memesan mau jenis lagu apa yang dibawakan. Aku memesan hiburan musik pop sekedar untuk memeriahkan suasana, tapi aku minta ada selingan jika ada yang mau menyumbang lagu dangdut, supaya pemain organnya bisa memainkannya. Tapi ternyata, Pak Rosyid berpikir aku mau pop dan dangdut. Akhirnya jadilah banyakan dangdutnya daripada popnya. Tapi lumayan sih jadi meriah juga karena di lingkungan rumahku lebih banyak yang suka dangdut. Dangdut is the music of my country! Haha.

Tata Rias dan Busana Pengantin

Proses Merias

Aku senang sekali ketika banyak yang bilang aku โ€œberbedaโ€ dari biasanya. Ibu Emma, perias pernikahanku, adalah wanita dibalik layar yang berhasil menghias wajahku menjadi berbeda dalam arti positif. Hehe. Pasukan Ibu Emma juga yang merias ibuku dan ibu mertua, pager ayu, dan among tamu.

bajusilverpink

Pakaian pengantin berhijab bertema silver dan pink

bajuakad

Pakaian akad nikah

bajuhitam

Pakaian pengantin tradisional Yogyakarta modifikasi dengan hijab

Selain merias wajah, paket rias Ibu Ema juga menyediakan pakaian pengantin. Aku mendapatkan jatah tiga pakaian pengantin yaitu pakaian untuk akad nikah, pakaian adat Yogyakarta yang dimodifikasi untuk muslimah berhijab, dan pakaian pesta umum bertema pink sesuai tema dekorasi. Selain itu pakaian untuk orang tua mempelai perempuan dan laki-laki juga disediakan sesuai tema adat, yaitu adat Yogyakarta. Jatah enam pakaian juga diberikan untuk pagar ayu.

Pagar ayu dan penerima tamu

Sekedar sedikit saran buat teman-teman yang akan mengadakan pesta pernikahan di rumah sehari full, konsultasi kepada penyedia busana agar memilihkan gaun yang nyaman dipakai. Selain itu, persiapkan kipas untuk berjaga-jaga kalau cuacanya panas. Hehe. Daripada nanti make up luntur kena keringat kan? Haha.

Acara pernikahanku ini dipandu oleh MC yang merupakan paket juga dari rias. MC memandu acara menggunakan bahasa Jawa sesuai dengan tema. Walaupun pernikahanku ini tidak menggunakan prosesi adat secara keseluruhan, tapi tutur bahasa MC cukup membuat suasana pernikahan menjadi sakral. Selain itu, terdapat juga penari pengiring pengantin yang lemah gemulai.

Penari pengiring penyambutan pengantin

Untuk teman-teman yang sedang mencari rekomendasi bisa intip instagram Ibu Emma ya di @emma_salon. Kalau mau follow instagram aku juga boleh di @yuanita.fransiska hehe. Lah, ga ada yang nanya yah ๐Ÿ˜€

Kalau hiasan tangan dengan henna ini dibuatkan oleh temanku Nurul. Walau belum profesional tapi hasilnya lumayan bagus loh. I love it โค

Dokumentasi dan Video Shooting

album pernikahan

Dokumentasi by Citra Profesional

Dokumentasi pernikahanku sebenarnya sudah satu paket dari tenda dan dekorasi. Tapi aku ingin memberikan testimoni tersendiri untuk dokumentasi pernikahanku oleh Citra Profesional. Menurutku dokumentasi yang dilakukan cukup baik dan ada pemandu di setiap foto. Pemandu foto benar-benar memandu posisi kita saat berfoto juga gaya dan letak kita. Memang agak melelahkan sih waktu sesi fotonya tapi setelah jadi hasilnya sangat bagus.

Kami mendapat hasil dokumentasi berupa dua buah album foto-foto pernikahan dalam bentuk kolase. Selain itu, kami juga mendapat satu buah cd berisi video pernikahan yang sudah diedit serta satu buah cd berisi softcopy foto-foto pernikahan. Semuanya diantar dalam satu paket ke rumah. ๐Ÿ™‚

Hidangan Utama dan Pendamping

Hidangan by “Mama Catering”

Untuk hidangan kami tidak memesan catering karena Mama lebih ingin masak sendiri di rumah. Jadinya kami menyewa tukang masak teman saudaraku. Mama yang berbelanja sendiri ke pasar. Hasilnya lumayan enak dan banyak sehingga semua tamu dapat mencicipi hidangan alakadarnya dari pesta kami.

Selain hidangan utama, kami juga menyediakan hidangan sampingan berupa es krim, somay, bakso, dan buah-buahan. Untuk bakso dibuat sendiri tapi eskrim dan somay memesan dari abang-abang keliling (kata Mama kasian dan sekaligus bagi-bagi rejeki). Ternyata makanan yang disediakan cukup banyak sehingga masih ada sisa di akhir acara. Alhamdulillah. Moto Mama tercapai, yaitu โ€œjangan sampai tamu ga kebagian makananโ€. Hehe.

Alternatif ini bisa teman-teman pakai kalau tidak mau memesan catering. Memang agak ribet sih, karena kita harus berbelanja sendiri. Tapi untuk yang sedang menghemat pengeluaran, cara ini cukup ampuh juga menekan budget konsumsi.

Panitia dan Keluarga Besar yang Bersedia Membantu

Ucapan terima kasih yang tak terhingga aku ucapkan untuk keluarga besarku dan suami yang sudah berkenan bersusah payah membantu penyelenggaraan pesta pernikahan sederhana kami. Aku juga ingin mengucapkan terima kasih kepada kerabat, sahabat, tetangga, petugas keamanan, perangkat lingkungan, petugas kebersihan dan semua pihak yang sudah sangat membantu kami yang tidak dapat disebutkan satu persatu. Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada yang kurang berkenan selama kita bekerja sama menyelenggarakan pernikahan pertama di keluargaku ini. Ribuan ucapan terima kasih rasanya tak akan cukup untuk diberikan atas bantuan saudara semua.

Ucapan terima kasih selanjutnya aku haturkan untuk saudara, keluarga, sahabat, dan teman yang telah meluangkan waktu untuk hadir ke pesta pernikahan sederhanaku. Walau rumahku cukup jauh dan lumayan tidak terjangkau angkutan umum, tapi aku merasa bahagia saat melihat saudara dan teman-teman yang datang ke rumahku memberikan selamat dan doa restu. Terima kasih atas kedatangannya ya semuanya. Mohon maaf jika dalam jamuan dan penyambutan serta tempat ada yang kurang berkenan di hati saudara dan teman-teman semua.

Tips dan Saran Lain yang Mungkin Berguna untuk Pernikahan di Rumah

  1. Persiapkan tempat untuk akad nikah. Jika memungkinkan dan diinginkan, akad nikah bisa dilaksanakan di tempat lain selain di rumah, misal mushola. Pastikan tempatnya tidak terlalu jauh ya. Kalau tempat akad ingin di rumah juga, sebaiknya posisikan tempat duduk pengantin, wali dan penghulu menggunakan meja dan kursi. Kalau duduk dibawah, lumayan pegal loh, terutama untuk pengantin perempuan. Sedihnya, saat pembawa acara menginstruksikan untuk berdiri, bisa-bisa tidak kuat bangun karena kakinya kram. Duh, malu banget kan.
  2. Sediakan blower yang banyak. Biasanya cuaca di siang hari saat acara pernikahan panas bukan main. Cuaca panas bisa mengganggu kenyamanan pengantin juga tamu undangan. Jadi sedia blower sebelum panas yah. Jangan cuma sedia payung saja. Hihi.
  3. Alokasikan waktu yang cukup untuk persiapan. Minimal luangkan waktu tiga bulan sebelum hari H pernikahan kamu. Persiapan waktu ini berguna supaya kamu tidak terburu-buru sehingga jikalau ada “drama” menjelang pernikahan, kamu tidak langsung sakit kepala. Kamu juga punya banyak waktu untuk mengatur hal-hal kecil yang sering luput saat persiapan pernikahan.
  4. Jaga kondisi badan supaya tetap sehat dan fit. Jangan sampai kamu terlalu ketat diet atau stres tidak nafsu makan menjelang pernikahanmu. Khawatir kamu tiba-tiba drop dan sakit pada hari H pernikahan. Diet sih boleh, tapi jangan sampai kelewatan walau terlalu banyak makan juga tidak bagus karena khawatir baju pengantin yang sudah disiapkan tidak muat saat hari H. Makan teratur, konsumsi vitamin, dan olahraga ringan bisa kamu terapkan untuk menjaga kesehatan kamu menjelang hari berbahagia.
  5. Buat denah lokasi di undangan yang mudah dimengerti. Hal ini penting sekali, apalagi kalau rumah kamu terletak di pedalaman. Hehe, peace. Kalau kamu mengundang teman secara online, kamu juga bisa share location melalui sosial media atau aplikasi pengirim pesan seperti whatsapp. Kamu juga perlu menambahkan rute angkutan umum jika mungkin saja ada temanmu yang menggunakannya. Berikan juga informasi rute-rute yang mudah dilalui agar tamu undangan tidak nyasar. Kasihan kan, sudah datang jauh-jauh tapi malah nyasar.
  6. Pastikan janur yang dipasang memuat informasi nama kamu dan orang tua yang jelas dan mudah dibaca. Hal ini mengurangi risiko tamu undangan salah masuk pesta pernikahan, apalagi kalau ada beberapa acara pernikahan di sekitar rumahmu. Jangan sampai tamu undanganmu salah memasukkan amplop kondangan ke acara orang lain. Hehe. Sudah malu, rugi pula. ๐Ÿ˜€
  7. Persiapkan tempat parkir. Sebenarnya ini urusan bapak-bapak sih, tapi tak ada salahnya kan kalau teman-teman memberi saran. Upayakan tersedia tempat parkir yang tidak mengganggu akses jalan umum.
  8. Ijin ke tetangga, terutama yang bagian rumahnya terpakai acara pernikahanmu. Biasanya pesta pernikahan di rumah kita pasti memerlukan bagian dari rumah tetangga dekat yang terkena tiang tenda atau kursi-kursi tamu. Tamu juga kadang duduk di teras-teras rumah tetangga yang bisa membuat kotor rumahnya. Kadang suara soundsystem yang terlalu hingar bingar juga mengganggu tetangga. Mungkin mereka maklum karena sedang ada hajatan, tapi minta ijin terlebih dahulu tak ada salahnya bukan?

 

Nah, sampai sini dulu ya sedikit saran dan tips dariku buat teman-teman yang merencanakan pesta pernikahan di rumah. Ucapan terima kasihku sekali lagi aku sampaikan untuk semua pihak yang sudah membantu terlaksananya salah satu mimpiku ini. Semoga informasi yang aku bagi ini dapat bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkan. Maaf juga ya kalau tips ini lebih banyak curhatannya. Haha. Sampai jumpa di curhatan berikutnya ๐Ÿ˜€

bye

Share To
Leave a Comment
  1. Ahhh keren betsss siskaaa…
    Btw aku jg dari dulu pingin ngeblog sharing ttg persiapan nikah tp kaga sempet2, udah keburu beranak gini, basi gak ya XD

    • Hahaha.. Maaci nikenn.. Gapapa nik share aja, ga ada kata basi buat share informasi.. hehe.. Apalagi nikahan kamu kemaren keren bangettt..

  2. Mba mau tanya tukang masaknya berapa abisnya ya? Ada contactnya? makasiii..

    • Halo mba nana, salam kenal ya..

      waktu itu aku tukang masak kalo ga salah kurang lebih 3-4 juta (pasnya aku gatau berapa soalnya mama yang urus), ada 5 orang n mereka nginep di rumah aku dari H-1 sampai hari H sore.. untuk kontaknya maaf aku ga ada soalnya bawaan tetangganya sodara jadi beliau yang pesan.. ๐Ÿ™‚